Selasa, 20 Februari 2018

Nama Penyakit Kulit

Merk Salep Eksim - Hallo gan, kami dari sentra herbal de nature menjual obat herbal eksim asli 100% yang bisa kami kirimkan ke bermacam kawasan di Indonesia atapun luar negeri. Untuk anda yang tertarik dengan produk kami silahkan langsung saja hubungi call center kami di 0852 262626 55 via sms, tlp, maupun whatsapp.




Apa itu Eksim: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Cara Mengobati
Definisi dan Rumusan
Eksim adalah kelainan kulit dengan ciri peradangan atau bengkak, kemerahan, dan rasa gatal. Meski tidak menular, kelainan ini menyebabkan rasa tidak nyaman pada komponen kulit yang terkena. Eksim biasanya terjadi pada masa kanak-kanak, semisal pada bayi dan anak umur muda. Pada awitannya, komponen-bagian kulit tertentu akan memerah, teriritasi, kering, dan bersisik. Sebagian kasus eksim bahkan dapat menyebabkan pembentukan lepuh yang nantinya akan mengeluarkan air. Pengeluaran air ini ialah indikasi bahwa eksim telah menjadi infeksi. Eksim (Eczema) juga dikenal sebagai dermatitis.
Penyebab Eksim
Para ahli percaya bahwa penyebab eksim yakni ketidakmampuan kulit dalam menjalankan pembetulan kepada kerusakan sehingga kulit menjadi rawan terhadap bakteri dan bakteri. Mereka mengungkapkan bahwa ketidakmampuan ini disebabkan oleh mutasi pada sebuah gen bernama filaggrin. Untuk melaksanakan perbaikan kepada kerusakan, kulit memerlukan sepasang filaggrin sementara orang-orang dengan eksim cuma memiliki satu filaggrin.
Dermatitis juga dikaitkan dengan respon imun yang terlalu aktif terhadap suatu iritan. Gejala pada eksim adalah tanggapan tubuh kepada suatu iritasi sehingga menimbulkan kekambuhan dan ruam. Eksim juga umumnya terjadi pada keluarga dengan riwayat asma dan alergi.
Sedangkan penyebabnya belum dapat dipastikan, ada sebagian faktor risiko yang bisa memicu eksim, yakni:
  1. Stress
  2. Rasa panas dan keringat berlebih
  3. Rasa dingin dan iklim kering
  4. Kulit kering
  5. Kontak dengan bahan-bahan kasar dan iritan seperti sabun dan kain sintetis
  6. Demam atau infeksi saluran napas atas

Gejala dan Jenis Eksim
Eksim bisa menyerang wajah, leher, siku, pergelangan tangan, daerah kelamin, lutut, dan pergelangan kaki. Di mana pun tempat kulit yang terserang, ciri utama kelainan ini merupakan rasa gatal. Kadang-kadang rasa gatal dapat muncul pun sebelum ada ruam. Tempat kulit yang terserang akan menonjol kering, tebal, atau bersisik. Pada mulanya, ruam akan berwarna merah kemudian akan berubah menjadi kecokelatan. Lepuh bisa terjadi dikala ruam hal yang demikian terkena infeksi. Sesudah berair, lepuh hal yang demikian akan berubah menjadi koreng dan kupasan kulit.
Eksim merupakan istilah awam untuk menyebut berbagai ragam dermatitis. Tipe-macam dermatitis adalah:
  • Dermatitis Atopik - Dermatitis atopik merupakan macam eksim yang paling tak jarang ditemui namun juga yang paling parah dan kronik. Ciri dermatitis atopik yaitu kulit kering dan bersisik. Kelainan ini umumnya terjadi pada masa kanak-kanak dan pada umumnya menyerang komponen dalam siku, bagian belakang lutut, leher, dan wajah.
  • Eksim Tangan - Yakni jenis eksim yang cuma menyerang tangan.
  • Dermatitis Kontak - Kelainan ini terjadi dikala kulit terkena suatu zat atau iritan.
  • Dermatitis Seboroik - Dermatitis seboroik adalah kelainan yang biasanya terjadi pada komponen kulit kepala, di mana ruamnya tampak seperti ketombe dengan inflamasi.
  • Eksim Dishidrotik - Dermatitis tipe ini menimbulkan lepuh pada jari tangan, telapak tangan, dan telapak kaki.
  • Dermatitis Statis - Dermatitis statis juga dikenal dengan sebutan dermatitis vena sebab menyerang vena pada kaki komponen bawah.
  • Dermatitis Nummular - Dermatitis nummular juga dikenal sebagai eksim discoid sebab formatnya yang menyerupai koin pada kulit.

Diagnosis dan Tatalaksana Eksim
Diagnosis eksim dapat dikerjakan oleh dokter buah hati, dokter kulit, atau dokter awam/ dokter keluarga. Pada biasanya tidak ada uji diagnostik atau klinik yang pasti untuk mendiagnosis kelainan ini. Namun hanya dengan memandang gejala (ruam) dan menanyakan beberapa pertanyaan, lazimnya seorang dokter dapat membikin diagnosis eksim. Sesudah itu, biasanya dokter akan melakukan uji alergi untuk mengetahui pemicu atau iritan apa yang mesti dihindari di kemudian hari.
Sekarang masih belum ada pengobatan yang pasti untuk mengobati eksim, tetapi sebetulnya eksim bisa dikuasai dan diatur. Tujuan utama pengobatan eksim yakni untuk meredakan, meringankan, dan mencegah rasa gatal guna mencegah infeksi lebih lanjut. Sebab eksim menyebabkan kulit kering, bersisik, dan gatal, karenanya lazimnya dianjurkan pemberian obat dalam wujud krim dan losion. Kompres basah juga dapat digunakan untuk meringankan rasa gatal.
Krim-krim yang dipasarkan di pasaran, misalnya salep dan krim berisi hidrokortison (1%) atau kortikosteroid umumnya diresepkan untuk mengurangi peradangan. Inhibitor kalsineurin topical non-steroid juga bisa digunakan untuk meringankan inflamasi. Pada tempat yang terkena eksim, direkomendasikan menggunakan antibiotik ragam topikal atau antibiotik minum. Untuk meringankan rasa gatal umumnya dianjurkan pemakaian anti-histamin.
Untuk kasus dermatitis parah umumnya dikasih pengobatan tar seperti fototerapi ultraviolet dan penekan metode imun seperti siklosporin. Pilihan lain yang dapat dipilih ialah pengobatan menggunakan psikodermatologi, ialah cabang ilmu baru di dermatologi sebagai pendekatan pilihan terhadap penyakit kulit menggunakan teknik psikologi seperti relaksasi dan hipnosis.
Penguasaan Eksim
Kalau mengidap eksim, sebaiknya Anda mengerjakan perawatan kulit dengan benar. Penting bagi Anda untuk menjaga kulit tetap lembab dan memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu pemicu eksim agar dapat dicegah di kemudian hari. Berikut ini beberapa kiat tambahan untuk memegang dan mengatasi imbas eksim kepada kehidupan Anda sehari-hari:
  • Jangan mandi memakai air panas
  • Cegah perubahan suhu atau kelembaban yang mendadak atau ekstrem
  • Kurangi stres
  • Selalu pakai sabun dan sampo hipoalergenik dan jangan pakai sabun dengan bahan-bahan kasar
  • Sesudah selesai mandi, keringkan tubuh dengan menekan-nekankan handuk ke kulit pelan-lahan (jangan menggosokkan handuk)
  • Jangan memanaskan atau mendinginkan kulit berlebihan
  • Gunakan hanya bahan-bahan lembut (100%) dan jangan pakai poliester, bahan dari bulu domba, atau bahan dari akrilik.
  • Pakai sarung tangan pelindung saat menyentuh detergen atau bahan kimia
  • Waspada kepada makanan dan alergen yang bisa memicu kekambuhan eksim
  • Jangan menerapkan produk kecantikan yang berbau
  • Waspadai pengaplikasian kosmetika pun apabila kosmetik tersebut hipoalergen karena konsisten dapat memicu eksim
  • Senantiasa bawa krim dan salep Anda sebab eksim bisa muncul tiba-tiba

Dermatitis memang bisa mengganggu kenyamanan hidup Anda, tapi kelainan hal yang demikian dapat diatur dan dipegang dengan kewaspadaan dan perawatan yang bagus.

Demikian adalah review seputar Nama Penyakit Kulit yg bisa kami sampaikan untuk kita sekalian. Semoga review tersebut bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk Anda semua.